Rabu, 08 Februari 2012

Profil Desa Curugagung


Desa Curugagung merupakan salah satu desa dari kecamatan Sagalaherang kabupaten Subang. Desa ini dapat dikatakan desa terjauh dari kecamatan Sagalaherang. Akses jalan ke desa Curugagung dapat ditempuh melalui empat jalan yaitu melalui Jalan Jambelaer, Jalan Warung Kadu, Jalan Cagak, dan Sagalaherang. Akses jalan menuju desa Curugagung yang termudah dapat ditempuh melalui jalan Warung Kadu, tetapi hampir di setiap titik jalan mengalami kerusakan.
Dari segi struktur organisasi yang terdapat dalam desa Curugagung, sudah meliputi unsur struktur yang termasuk lengkap. Seperti Kepala Desa yang berdiri sejajar dengan perangkat desa, dan membawahi
Desa Curugagung berbatasan dengan empat desa lain, diantaranya, Desa Jambelaer (sebelah utara), Desa Bunihayu (sebelah selatan), Desa Parung (sebelah timur), dan Desa Leles (sebelah barat).
Tabel 1. Batas wilayah
Batas
Desa/Kelurahan
Kecamatan
Sebelah utara
Jambelaer
Dawuan
Sebelah selatan
Bunihayu
Jalan Cagak
Sebelah timur
Parung
Subang
Sebelah barat
Leles
Sagalaherang

Hampir sebagian lahan wilayah di desa Curugagung berupa lahan persawahan, lahan perkebunan, dan lahan pemukiman. Menurut data yang kami dapatkan luas lahan perkebunan merupakan lahan terluas di desa Curugagung.
Tabel 2. Luas wilayah menurut penggunaan
Luas pemukiman
30 ha/m2
Luas persawahan
386 ha/m2
Luas perkebunan
440 ha/m2
Luas kuburan
4 ha/m2
Luas Prasaranan umum lainnya
15 ha/m2

Sarana prasarana yang ada di Desa Curugagung cukup memadai untuk masyarakat. Melalui survey yang telah kami lakukan terdapat beberapa sarana prasarana yang telah berjalan dengan baik, namun ada pula yang belum. Di desa ini, telah terdapat beberapa sekolah diantaranya 3 Sekolah Dasar, 1 Sekolah Menengah Kejuruan, 1 Madrasah tsanawiyah, dan 3 PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Telah didirikan pula beberapa Mesjid di setiap wilayah desa. Selain itu, Balai Musyawarah, GOR, dan Puskesmas (berbentuk Puskesmas Pembantu) pun telah ada dan telah dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar.
Dalam wawancara serta observasi yang kami lakukan tersebut, didapatkan informasi mengenai proses pelayanan administrasi desa. Pelayanan dilakukan oleh perangkat desa. Biasanya ada beberapa Kaur (Kepala Urusan) yang siap sedia membantu masyarakat. Namun, dikarenakan tidak semua Kaur selalu ada di desa, setiap perangkat diwajibkan untuk mampu melayani masyarakat dalam hal pengurusan administrasi, misalnya pembuatan KTP, surat-surat yang dibutuhkan oleh masyarakat. Oleh karena itu, setiap Kaur dapat mengerjakan berbagai hal yang semestinya bukan bagian dari tugas awalnya.
Berdasarkan hasil observasi yang kami lakukan didapatkan hampir seluruh masyarakat Desa Curugagung berprofesi sebagai petani. Hal ini didukung pula dengan kesuburan tanah serta pengairan yang baik. Baik sawah maupun hasil perkebunan terlihat sangat baik, dan hasil tersebut banyak yang dijual juga dikonsumsi secara pribadi.
Potensi lain yang telah diberdayakan di desa Curugagung adalah pariwisata. Terdapat beberapa curug yang dapat dikelola menjadi tempat wisata, salah satunya Curug Cina. namun demikian, akses menuju curug tersebut masih kurang memadai. Walaupun akses yang bisa ditempuh untuk sampai ke curug cina hanyalah berupa jalan setapak, namun kita disana akan disajikan dengan pemandang curug yang sangat indah yang bisa menghilangkan rasa lelah.





Kesenian masyarakat yang terdapat di Desa Curugagung adalah sisingaan. Sisingaan adalah kesenian budaya sunda khas Subang berupa arak-arakan dan atraksi yang dilakukan dalam acara –acara khitanan dan perkawinan.











Tidak ada komentar:

Posting Komentar